Rabu, 30 Mei 2012

makalah perkembangan awal kehidupan masyarakat indonesia


makalah sejarah
Di susun oleh
Nama : Muhammad Najmuddin. K
Kelas : X.B
Nis    : 11130
Study : Sejarah



PERKEMBANGAN AWAL KEHIDUPASN MASYARAKAT INDONESIA


KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa kita haturkan kepada Allah SWT,karena atas berkat rahmat kesehatan yang diberikan sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ini tepat waktu.Penulis juga ingin menyampaikan banyak terimah kasih kepada pihak yang membantu dalam pengerjaan tugas ini,  terutama kepada guru pembimbing saya dalam mata pelajaran sejarah yang telah memberikan saya kesempatan untuk memperbaiki nilai ulangan saya yang belum mencapai standard,dalam bentuk makalah.
 Oleh karena itu, penyajian materi dalam makalah ini dituangkan dengan bahasa yang sederhana agar kita dapat memahami konteks yang diberikan, serta mampu menguasainya secara mandiri kompetensi yang diharapkan.
   Penulis berharap semoga kehadiran makalah ini dapat membantu dalam kegiatan proses belajar mengajar. Namun dengan demikian penulis menyadari bahwa dalam penyajiannya makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan.

                                                                                                                                                                             Penulis
                                  MUHAMMAD NAJMUDDIN. K
JENEPONTO-15-03-2012

Daftar isi

v KATA PENGANTAR....................................................1



v DAFTAR ISI.......................................................................2



v BAB 1 PENDAHULUAN........................................................3



v BAB 2 RUMUSAN MASALAH...............................................................4


v BAB 3 JAWABAN...............................................................6





                     
BAB I
PENDAHULUAN
Budaya masyarakat awal Indonesia mengalami perkembangan dalam beberapa Zaman.Periode pertama adalah Zaman Batu Tua atau Stonge age.Zaman Batu adalah periode masa Prasejarah dimana manusia pada zaman itu banyak menggunakn batu untuk keperluan sehari-hari dan bertahan hidup seperti berburu dan melakukan ritual.Pada makalah ini akan dibahas mengenai kehidupan awal masyarakat indonesia yang mengalami perkembangan Biologis budaya,Sosial ekonomi,dan Tegnologi.
Dalam makalah ini akan dibahas tentang manusia dari sudut biologi.manusia hanyalah salah-satu dari jutaan mahluk hidup lain yang pernah ada atau masih berada di bumi kita.Pada abad ke-19 para ahli biologi khususnya Carles Darwin mengumumkan teori proses evolusi biologi.
Menurut teori itu,bentuk-bentuk asal mula mahluk hidup dari mahluk kecil(Microorganisme) atau Protozoa. Dalam jangka waktu ratusan tahun kemudian muncul dan berkembang mahluk-mahluk hidup yang lebih kompleks.Pada kala terakhir mulailah berkembang atau berevolusi mahluk-mahluk manusia dan kera.


            
BAB II
RUMUSAN MASALAH
 Pertanyaan 1
1.      Tuliskan pembagian zaman berdasarkan ilmu geologi! Jelasakan!
2.      Untuk menyingkat proses muncul dan berkembangnya kehidupan awal indonesia dan masyarakat awal di kepulauan nusantara oleh para ahli diadakanlah beberapa penelitian.Uraikan 3 bentuk penelitian tersebut.
a.Paparan sunda dan paparan sahul
b.menhir dan dolmen
c.Carles darwin dan Prof.Dr.H.Kern

3.      Deskripsikan istilah-istilah dan tokoh-tokoh dibawah ini:
4.      Jelsakan apa sebab disulawesi selatan (Makassar) tidak ditemukan fragmen-fragmen dari manusia purba!
5.      Jelaskan apa sebab bangunan-bangunan pada zaman megalitikum tinggalan budayanya berukuran besar!
     Pertanyaan 2
1.      Sebutkan jenis-jenis manusia purba di indonesia
2.      Tuliskan ciri-ciri Pithecantropus,dan Meganthropus paleojavanicus.
3.      Tuliskan dan jelaskan periode budaya batu atau zaman batu!
4.      pada masa perundagian,pembuatan benda-benda perunggu meningkat.benda-benda perunggu dibuat dengan dua teknik,jelaskan kedua teknik tersebut!
5.      jelaskan ciri-ciri sosial dan ekonomi pada masa masyarakat berburu!















BAB III
JAWABAN

Jawaban I
1.      Pembagian zaman menurut ilmu geologi:
a) Zaman tertua (Arkaikum)
   Zaman Arkaikum biasa disebut juga zaman Azaikum.Zaman Arkaikum belangsung sekitar 2.500 juta tahun.Zaman itu kulit bumi masih sangat panas karena dalam proses pembentukan sehingga belum ada tanda-tanda kehidupan.
b) Zaman hidup tua (Paleozoikum)
   Zaman Paleozoikum disebut zaman primer (pertama).Zaman Paleozoikum berlangsung sekitar 340 juta tahun.
c)  Zaman pertengahan(Mesozoikum)
   Zaman mesozoikum disebut juga zaman sekunder (kedua).Zaman itu berlangsung sekitar 140 juta tahun. Pada zaman itu binatang berkembang pesat.Diantaranya adalah binatang reptil yang ukuran tubuhnya sanagt besar.contohnya dinosaurus yang panjangnya mencapai 12 meter dan atlantosaurus yang panjangnya 30 meter.Pada zaman itu berbagai jenis burung pun mulai tampak.Namun karena pada zaman itu hewan terbanyak adalah reptil,orang menyebutanya denga zaman reptil.
d) Zaman Hidup baru (Neozoikum) atau Kainozoikum
Zaman hidup baru berlangsung sekitar 60 juta tahun. Zaman ini dibagi atas dua bagian,yaitu zaman tersier dan zaman kuarter.
a.  Zaman tersier (Zaman ketiga)
   Pada zaman ini binatang  menyusui berkembang sempurna,sedangkan binatang reptil berangsur lenyap.selain itu,binatang menyusui primata sejenis kera dan manusia mulai nampak pada zaman itu.
b.   Zaman kuarter (Zaman keempat)
    Zaman kuarter ini dianggap penting karena merupakan awal kehidupan manusia.Zama kuarter terbagi atas dua zaman,diluvium dan holosen.
       Zaman Diluvium (Pleistosen)
          Pada zaman Diluvium (pleistosen) suhu udara tidak menetap.pada zaman itu suhu udara menurun drastis.Akibatnya  geltser  yang tadinya hanya terdapat di daerah-daerah kutub meluas hingga ke sebagian besar Eropa utara,Asia Utara,dan Amerika Utara yang ditutupi daratan-daratan yang sangat luas.
 

       Zaman Holosen
Zaman Holosen ditandai dengan makin meningaktanya kemampuan manusia seirama dengan perkembangan fisik dan akal budinya.


2.      Untuk menyingkat proses muncul dan berkembangnya kehidupan awal indonesia dan masyarakat awal di kepulauan nusantara para ahli diadakanlah beberapa penelitian,yaitu
a) Kajian Arkeologi
    Dari hasil penelitian para ahli arkeologi,dapat diketahui hasil budaya manusia purba asli Indonesia adalah Kebudayaan Batu tua (palelitikum).
b) Kajian Linguistik
Berdasarkan hasil penelitian ahli-ahli bahasa,bahasa-bahasa yang digunakan di kepulauan nusantara,termasuk rumpun bahasa Melayu Polinesia atau telah dikenal dengan rumpun bahasa Austronesia.Persatuan rumpun bahasa itu didasarkan pada penelitian “basic vocabulary”  pada berbagai bahasa dipergunakan oleh masyarakat Kepulauan Austronesia hingga Polinesia.Bahkan ciri-ciri keserumpunana itu ditemukan pula dalam bahasa-bahasa Kamboja dan Muangthai di daratan Asia Tenggara.
c)  Kajian Biologis
Kajian biologis dilakukan untuk mencari kesamaa fisik dan keserumpunan manusia indonesia dengan manusia yang hidup di negara-negara lain.Kesulitan dialami para ahli ketika melakukan  kajian ini karena hingga sekarang belum ada penemuan fosil manusia purba masa bercocok tanam di indonesia.oleh karena itu para ahli,mencoba mengisi ketiadaan bukti itu denga memerhatiakan fosil manusia dari masa tersebut di negara-negara Indocina,muangthai,dan malaysia.
3.                     a.   Paparan sunda,pada masa Integlasial bagian barat indonesia bersatu dengan      asia,sedangkan bagian timurnya bersatu dengan Australiaketiak suhu udara naik,maka es pn mencair yang mengakibatkan permukaan air laut naik mencapai 70 meter.Hal ini  mengakibatkan tenggelamnya daratan yang menghubungkan Indonesia dengan Asia sehingga terbentuklah Paparan sunda.sedangkan yang menghubungkan Indonesia dengan Australia membntuk paparan sahul.
                 b. +Dolmen,selain sebagai peti mayat,ada juga yang berfungsi sebagai meja sesaji.Dolmen  berfungsi juga sebagai sarana upacara ritual.Dalam perkembangan selanjutnya dolmen dijadikan pula sebagai tempat duduk oleh para kepala suku,atau para pelaku pelaksana upacara ritual.
     +Menhir adalah sebuah tugu dari batu tunggal yang didirikan untuk menghormati roh nenek moyang.Menhir ditemukan di Sumatra selatan,Sulawesi Tengah,banten,dan Kalimantan.
       c. Charles Robert Darwi,lahir pada tanggal 12 Februari 1809 dan wafat 19 April 1882.Dia alah seorang naturalis inggris yang teori revolusinya meletakkan landasan bagi teori evolusi modern dan prinsip garis keturunan yang sama (common descent) dengan mengajukan seleksi alam sebagai mekanismenya.Teori tersebut kini dianggap sebagai komponen integral dari ilmu biologi.Ia mengembangkan minatnya dalam sejarah alam ketika ia mula-mula belajar ilmu kedokteran,dan kemudian teologi di Universitas Cambridge.perjalanan lautnya selama lima tahun di atas kapal HMS Beagle serta tulisan-tulisannya menjadikan darwin sebagai soerang geolog terkemuka dan penulis terkenal.Pengamatan biologisnya membawanya kepada kajian tentang transmutasi spesies.kemudian ia mengembangkan teorinya tentang seleksi alam pada 1838.Bukunya on the Origin of Spesies by Means of Natural Selection,or The Preservation of Favoured Races in The Strunggle for life (biasanya disingkat menjadi The Origin of spesies) (1859) merupakan karyanya yang paling terkenal sampai sekarang.buku ini menjelaskan evolusi melalui garisketurunan yang sama sebagai penjelasan ilmiah yang dominan mengenai keanekaragaman di dalam alam.
- prof.Dr.H.Kern,adalah seorang ahli bahasa yang paling terkenal.ia berhasil membukukan hasil penelitiannya pada tahun 1889.Menurutnya,tanah asal orang-orangyang mempergunakan bahasa Austronesia itu harus dicari di kamboja,Indocina,dan daratan sepanjang pantai sekitarnya.Dia juga menambahkan bahasa austronesia it sendiri dari bahasa Indonesia,Polinesia,malaysia,dan Mikronesia.
4.       Di sulawesi selatan (makasar) tidak ditemukan fragmen-fragmen manusia purba,karena manusia purba merupakan mahluk nomaden/ berpindah-pindah tempat,dan juga manusia purba sangat bergantung pada alam karena alam mnyediakan banyak sumber kehidupan sehingga mungkin manusia purba sempat datang ke sulawesi selatan tapi berpindah lagi karena sulawesi selatan tidak mnyediakan banyak sumber kehidupan.Oleh karena itu,manusia purba banyak ditemuka di pulau Jawa karena pulau Jawa merupakan pulau vulkanis yang subur dan menyediakan sumber kehidupan yang banyak.
5.      Karena mereka percaya bahwa apabila semakin besar banguan tinggalan budaya yang mereka buat maka akan semakin besar pula pengaruhnya terhadap rejeki mereka,karena mereka menganggap bahwa banguna tersebut adalah wujud dari roh nenek moyang mereka yang akan memberikan mereka reseki dan perlindungan (kepercayaan Animisme).

 Jawaban 2  
1.      Jenis-jenis manusia purba di Indonesia
a.  Meganthropus paleojavanicus
b.   Pithecanthropus
Dibagi atas:
*    Pithecanthropus Mojokertensis
*    Pithecanthropus Erectus
*    Pithecanthropus Soloensis
*    Homo Wajakensis
2.      – ciri-ciri Pithecanthropus
§    Tinggi tubuhnya berkisar antara 165 cm-180 cm
§    Badanya tegap,tetapi tidak setegap meganthropus
§    Alat-alat pengunyah tidak sekuat meganthropus
§    Gerahamnya besar,tulang rahang kuat,tonjolan kening tebal melintang di dahi dari sisi ke sisi
§    Tonjolan pada belakang kepala masih masih besar sehingga mnyerupai wanita berkonde
§    Muka menonjol ke depan,dahi miring kebelakang.
§    Volume otak berkisar 750 cc-1.300 cc.
c.   -Ciri-ciri Meganthropus paleojavanicus
v Rahang yang sangat tegap dan geraham yang besar
v Otot-otot kunyah yang sangat kokoh
v Tubuhnya besar dan tegap,tetapi tidak luar biasa.
3.      Budaya batu yang dikenal masyarakat awal Indonesia terbagi atas tiga yaitu
a) Zaman batu tua(Paleolitikum)
Benda-benda budaya zaman batu tua antara lain: kapak perimbas atau kapak genggam yang masih serba kasar.cara menngunakan kapak ini dengan menggenggam untuk menetak.oleh karena itu,disebut pula alat penetak di daam bahsa inggris disebut chopper.Selain kapak genggam,satu lagi hasil budaya zaman batu tua adalah peralatan dari tulang dan tanduk.kegunanaan alat-alat itu untuk menusuk dan mencairan mengorek umbi-umbian dari dalam tanah.
b) Zaman batu tengah (Mesolitikum)
Manusia pendukung kebudayaan zaman batu tengah kehidupannya belum jauh berbeda dengan pendukung kebudayaan Batu Tua.peralatan dari batu maupun darintulang dan tanduk,walaupun sudah dibentuk ,namun masih juga dalam keadaan kasar.
c)  Zaman Batu Muda (Neolitikum)
Masyarakat pendukung kebudayaan zaman batu muda (Neolitikum) suad jauh lebih maju dari masyarakat pendukung kebudayaan zama batu tengah.sebagian diantara mereka sudah hidup menetap,belajar bercocok tanam,dan beternak (food producing).peralatan walaupun masih terbuat dari batu,namun sudah sangat halus.Jenis-jenis kapak pada Zaman Batu Muda berupa kapak persegi dan kapak lonjong.
4.      Teknik pembuatan benda-benda perunggu dibagi atas dua yaitu:
ü Teknik a cire perdue
a cire perdue, yaitu dengan cara membuat model benda dari lilin lengkap dengan bagian-bagiannya.Model dari lilin itu dibungkus dengan tanah liat basah, lalu dijemur sampai kering . Setelah kering, tanah liat itu dibakar sehingga lilin akan mencair keluar dari lubang yang telah di buat.Dengan demikian,terbentuknya benda tanah liat yang berongga. Ke dalam tanah liat barongga tersebut dituangkan cairan perunggu. Setelah cairan perunggu itu dingin, cetak tanah liatdi pecahkan untuk mengambil benda tersebut. Dengan demikian ,cetakan tanah liat itu hanya di pakai sekali saja untuk untuk sebuah benda.itu berarti lebih banyak waktu yang tersisa serta lebih banyak bahan lilin dan tanh liat yang dibutuhkan.Penggunaaan teknik a cire perdue hanya utnuk membuat benda-benda kecil,seperti arca-arac kecil,perhiasan dan sebagainya.
ü Teknik bevolve
 Teknik bevolve,yaitu mengguanakan cetakan-cetakan batu yang dapat digunakan berulang kali.Cetakan batu terdiri dari dua bagian atau lebih yang sudah dipahat sesuai dengan benda yang diinginkan,kemudia diikat menjadi satu.Dalam rongga cetakan batu itulah dituangkan  cairan perunggu.Setelah dingin ikatan batu dilepas untuk mengambil bendanya.Teknik ini dipakai untuk membuat alat-alat yang berukuran besar,seperti nekara,patung,kapak,dan bejana. Benda-benda atau peralatan perunggu masa perundagian antaralain,nekara perunggu,kapak perunggu,bejana perunggu,da perhiasan.
5.      Masa Masyarakat Berburu
                                                      I.        Ciri-ciri Sosial
Masyarakat prasejarah pada masa berburu; hidup dalam kelompok-kelompok kecil.Mereka mungkin hanya terdiri dari dua sampai lima orang yang merupakan anggota satu keluarga.cara berfikir mereka masih sangat sederhana.Mereka belum dapat berkomunikasi antarsesamanya.Terutama yang berkaitan dengan kegiatan berburu,mereka menggunakan bahasa isyarat berupa pekikan disertai dengan gerakan tangan berbentuk simbol.Hambatan bahsa itu merupakan salah satu penyebab sangat lambtanya perkembangan budaya mereka.
                                                   II.        Ciri-ciri Ekonomi
Telah disebutkan bahwa mereka menggatungkan hidupnya dari hasil alam.Makanan yang didapat untuk dimakan hari itu juga.Mereka tidak memikirkan untuk hari esok dan hari-hari berikutnya.Kebiasaan cara hidup seperti ini disebut dengan istilah food gathering.

  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar